GreenTect’s Blog

Just another WordPress.com weblog

My Agriculture January 3, 2009

Filed under: Uncategorized — hijauqoe @ 9:35 am

Pertanian? Apaan tuh! Ya inilah yang sering terucap oleh sebagian besar siswa sekolah menengah, dan bahkan jika kita bertanya sebagian besar anak kecil dapat dipastikan hampir 90 % tidak ada yang mau jadi petani. Sedangkan menurut pandangan mahasiswa secara umum fakultas pertanian merupakan suatu fakultas yang memiliki derajat yang lebih rendah dari pada fakultas-fakultas lainnya disuatu universitas. Di Universitas Sebelas Maret pernyataan tersebut juga terjadi. Kebanyakan mahasiswa memandang rendah atau hanya melihat sebelah mata fakultas pertanian. Tetapi pernyataan tersebut hanyalah pikiran dari orang-orang yang memiliki wawasan yang sempit. Padahal dijaman sekarang ini, jaman yang didalamnya lapangan pekerjaan yang mulai jarang ditemukan, jaman yang didalamnya orang-orang sulit untuk mencari pekerjaan. Sehingga sekarang ini kita tidak lagi dituntut untuk mencari pekerjaan, tetapi kita dituntut untuk membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Oleh karena itu, sekarang ini tidak hanya diperlukan ilmu pengetahuan tetapi juga kompetensi lainnya untuk dapat membuka lapangan pekerjaan atau berwirausaha.
Pertanian merupakan solusi untuk semua itu, mulai dari mata kuliah yang langsung dapat diaplikasikan dilapangan melalui praktikumnya, kemampuan soft skill yang dapat dikembangkan dan diperoleh dari lembaga-lembaga mahasiswa yang sangat kompleks dan maju difakultas pertanian. Inilah yang membedakan fakultas pertanian dengan fakultas yang lain. Disamping itu dunia pertanian sekarang ini sudah mulai merebak dimasyarakat, khususnya di daerah Surakarta. Hal ini terbukti dengan banyaknya diselenggarakan berbagai event pertanian, misalnya pameran tanaman hias, obat, dan buah. Melalui event-event seperti inilah kemampuan kewirausahaan mahasiswa pertanian dapat berkembang. Inilah terlihat pada mahasiswa agronomi 2005 dengan mendirikan Persen Nursery sebagai wadah untuk seluruh mahasiswa agronomi yang ingin berwirausaha dalam dunia tanaman hias.
Hal serupa juga terlihat dengan semangat dari seluruh mahasiswa fakultas pertanian yang ingin menjadikan fakultas pertanian UNS sebagai salah satu fakultas terfavorit dikampus UNS, dan bahkan terbaik ditataran nasional.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s